DETIK PAPUA

Berita Papua Terkini

24 Mahsiswa S-2 STPMD “APMD” Yogyakarta Kelas Khusus Dogiyai di Wisudakan

Nabire, DetikPapua.Com : Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa (STPMD) “APMD” Yogyakarta di Gedung Sutopo STPMD “APMD”, Jalan Timoho, Yogyakarta, mengadakan Wisuda Magister Ilmu Pemerintahan Kelas Khusus Dogiyai, pada 14 Agustus 2021.

Prosesi wisuda yang digelar secara virtual dalam Sidang Senat Terbuka Dengan Acara Tunggal Wisuda Program Magister Ilmu Pemerintahan Kelas Dogiyai tahun 2021 dan diikuti para wisudawan di Auditorium LPP RRI Jalan Merdeka, Nabire, Papua. Para wisudawan yang semuanya ASN menyelesaikan kuliah pada Program Pascasarjana Ilmu Pemerintahan di STPMD “APMD” Yogyakarta.

Yakobus Dumupa salah satu peserta wisudawan yang juga selaku Bupatii Dogiyai dalam sambutanya mengatakan pendidikan lanjut untuk para ASN Dogiyai merupakan bagian dari kesepakatan kerja sama antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dogiyai dengan STPMD “APMD” Yogyakarta. Kedua pihak menandatangani kesepakatan kerja sama pada 19 Februari 2019 di Yogyakarta.

Program S-2 STPMD “APMD” Yogyakarta Kelas Khusus Kabupaten Dogiyai dimulai pada bulan Juli 2019. Kelas khusus ini, seperti dilaporkan oleh Sekretaris Program Magister Ilmu Pemerintahan STPMD “APMD” R. Widodo Tri Putro, diikuti oleh 24 mahasiswa, termasuk Bupati Dogiyai, Yakobus Dumupa.

“Kerja sama ini ditempuh sebagai upaya untuk membangun sumber daya manusia Aparatur Sipil Negara Dogiyai supaya bisa mengerti pemerintahan dan berpemerintahan yang melayani, untuk itu pendidikan kelas khusus ini sebagian berlangsung tatap muka, yaitu sebelum masa pandemi. Setelah pandemi Covid-19 merebak, kelas berlangsung dalam jaringan (daring).

Ketua STPMD “APMD” Yogyakarta Sutoro Eko dalam sambutannya saat wisuda mengatakan, hari ini adalah hari yang sangat membahagiakan. Pada awalnya penuh dengan dinamika dan hari ini dengan pemindahan kuncir menandai orang menjadi ‘sujana’ yang berarti kebajikan. Para lulusan magister ini harus mempunyai kemampuan berpikir yang lebih.

“Untuk itu para wisudawan menjaga spirit, semangat utama yaitu melayani dan melindungi rakyat yang berdaulat. Ini yang selalu menjadi semangat STPMD “APMD” Yogyakarta.

Adapun yang di wisudakan yakni Yakobus Dumupa, Tertitius Degei, Andri Waine, Yanuarius Pigome, Marius Yobee, Abraham Dogomo, Edmondus Pokuwai, Pelipis Magai, Yoseph Iyai, Feleks Pekei, Yohanes Anou, Berkemanus Iyowau, Herman Anou, Mikael Butu, Elias Magai, Paskalis Iyai, , Christina, Rina Tebai,Fransiska Tekege, Obeth Magai, Yakobus Kegiye, Hendrikus Kegiye, Hendrikus Goo, dan Agustina Goo.

Ketua Panitia Wisuda sekaligus dosen luar biasa STPMD “APMD” Kelas Dogiyai Samuel Rihi mengemukakan, Saya atas nama Panitia menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada, Pemerintah kabupaten dogiyai, atas perhatian terhadap peningkatan kapasitas ASN yang telah mengalokasikan anggaran untuk program kerjasama dengan Yayasan Pengembangan Pendidikan Tujuh  belas Yogyakarta, dan juga mengucapkan terimah kasih kepada Bupati Dogiyai Yakobus Dumupa, S.IP, M.IP dan Wabu bpk Oskar Makai, SH telah mengimplementsikan salah satu Misi dari Visi Dogiyai bahagia sehingga hari ini kita bisa saksikan pengukuhan 24 Magister Ilmu Pemerintahan yang merupakan putra putri dogiyai.

Ketua Panitia tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Pengembangan 17 Yogyakarta dimana mau menerima Pemerintah Kabupaten dogiyai sebagai mitra untuk dalam pengembangan SDM.

Tak lupa Pimpinan Pejabat  Struktural STPMD, para dosen, senat dan seluruh civisitas akademik STPMD Yogyakarta yang selalu meluangkan waktu untuk membimbing terhadap mahasiswa/i S2 asal Dogiyai mulai dari tahapan perkuliahan  sampai pengukan hari ini, dan juga Pimpinan DPRD dan seluruh anggota, di mana mendukung program pemerintah daerah untuk peningkatan kapasitas ASN.

Dalam pelaksanaan Wisuda Magister Ilmu Pemerintahan Kelas Khusus Dogiyai, di masa pandemi Covid-19, mengikuti acara dengan penuh hikmat.

Perlu saya sampai bahwa panitia bekerja berdasarkan Keputusan Bupati Dogiyai Nomor 43 tahun 2021 tentang Pelaksanaan Wisuda Program Magister Ilmu Pemerintahan Kelas Khusus Dogiyai yang salah satu tugasnya adalah mempersiapkan wisuda mulai dari perencaan samapai pada acara puncak yang kita saksikan hari ini.

Sebagai tindak lanjut dari keputusan tersebut Panitia mulai bekerja sejak bulan Juni 2021. Kesepakatan Panitia bahwa acara Wisuda akan dilaksakan pada tanggal 26 Juli 2021 di Dogiyai dengan mendatangkn Anggota Senat STPMD Yogyakarta, namun hal ini tidak bisa kita laksanakan karena adanya PPKM yang tetapkan oleh Pemerintah Pusat. Pantia melalukan koordinasi kembali  dengan STPM, maka hasil rapat senat bahwa wisuda dilaksanakan melalu daring. (Redaksi)

Loading

About Author