DETIK PAPUA

Berita Papua Terkini

Jubir TPNPB-OPM: Muda-Mudi Salah Satu Provinsi di PNG Siap Mendukung Papua untuk Merdeka

 

PNG, DETIKPAPUA.com – Provinsi Dataran Tinggi Selatan PNG Deklarasikan Siap Mendukung Perjuangan Bangsa Papua Untuk Merdeka dari Indonesia. Pada tanggal 8 Agustus 2021 Para Generasi Muda di Provinsi Dataran Tinggi Selatan PNG telah mendeklarasikan bahwa mereka siap mendukung Perjuangan saudara-saudari mereka di Papua Barat, dan para Pemuda ini berikrat bahwa mereka siap berdiri bersama semua orang Asli Papua yang berjuang untuk merdeka Penuh.

Hal ini disampaikan oleh Juru Bicara Tentara Pembembasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (Jubir TPNPB-OPM) Semby Sambom kepada wartawan media ini melalui PERS RILISE, Senin (09/08/2021).

“Kata Jubir TPNPB-OPM, mereka percaya bahwa Orang Papua Barat adalah satu bangsa dan satu leluhur dan kami tidak bisa dipisahkan oleh lasan apapun,” tegasnya.

Para generasi muda PNG sekarang mereka paham benar, dan orang-orang Papua Barat dan PNG adalah satu bangsa. Dengan dasar ini, maka mereka minta Indonesia harus tinggalkan Papua Barat dan memeberikan Hak Kemerdekaan bagi Bangsa Papua Barat.

“Lanjut Sebby, Para Generasi muda PNG berprinsip bahwa Jika Indonesia membunuh dan menangkap serta menyiksa orang Asli Papua dengan keji, maka kami orang Asli Papua di PNG tidak akan duduk diam, melainkan kami akan bangkit dan mendukung Perjuangan saudara-saudari kami di Papua Barat,”jelasnya.

Deklarasi ini mereka lakukan di ALam Terbuka dan mereka telah mengirimkan beberapa video dan photos sebagai lampiran untuk pemberitaan kepada public melalui berbagai media, supaya masyarakat Internasional perlu ketahuinya.

“Koordinator yang belum mau menyebutkan Namanya dalam deklarasi itu mengatakan bahwa mereka secara damai akan menyuarakan Aspirasi Perjuangan Orang Papua Barat, supaya Pemerintah PNG harus membangun komunikasi efektif dengan Pemerintah Indonesia guna membahas Hak Politik Penentuan Nasib Sendiri bagi Orang Asli Papua di Papua Barat,” katanya.

Solidaritas dukungan Pemuda-Pemudi di Provinsi Dataran Tinggi Selatan PNG ini lahir karena keprihatinan para Intelektual dan Pemuda PNG.

“Lanjut Koordinator di Provinsi Dataran Tinggi Selatan itu, pihaknya menyampaikan bahwa mereka harap semua Generasi PNG harus bangkit dan bersolidaritas dengan saudara-saudari kami di Papua Barat,”ungkapnya.

Demikian berita deklarasi dukungan Papua Merdeka di Provinsi Dataran Tinggi Selatan PNG, terima kasih atas kerja sama yang baik.
JW, Southern Highlands PNG

Penulis Jubir TPNPB-OPM Sebby Sambom.
Pewarta : Hagimuni Dann

Loading

About Author