DETIK PAPUA

Berita Papua Terkini

Solpap Minta Pembelian  25 Ribu  Noken Oleh PB PON Harus Milik Mama Papua

JAYAPURA,Detikpapua. Com – Rencana Pengurus Besar Pekan Olah Raga Nasional (PB PON) mengadakan 25 ribu noken harus mengutamakan Noken yang di anyam langsung oleh mama – mama Papua.

Hal ini di ungkapkan Ketua Solidaritas Pedagang Asli Papua, ( Solpap ) Papua Frengki Warer  menurutnya kehadiran para tamu PON pada ajang 4 Tahunan tersebut harus para tamu, atlit, dan Oficial mendapat noken buatan asli mama – mama Papua agar ada kesan original papuanya.

“PB PON harus utamakan Noken milik mama – mama Papua yang  benar – benar  dari buah tangan mereka agar  para tamu,
Atlit, dan Oficial bisa merasa senang karena mereka mendadat noken  langsung dari tangan mama – mama Papua, bukan yang imitasi atau beli di Kios,” kata Warer di Pasar mama Papua, Jalan Percetakan,  Sabtu, (17/7).

Ia mengatakan Solpap mengapresiasi  PB PON jika bisa mengutamakan noken Papua sebagai Sofenir oada ajang PON XX.

“Solpap apresiasi karena bisa membeli noken dari mama – mama karena selain mengangkat budayah Papua juga bisa mengakat ekonomi pengrajin Noken di Papua,” katanya.

Diharapkan selain PON membawa nama daerah PON juga bisa meningkatkan ekonomi orang asli Papua secara nyata.

“Solpap mengharapkan niat baik PB PON ini benar – benar diwujudkan jangan hanya bicara di media masa tapi pelaksanaanya tidak demikian, sepeti kemarin pada saat Gebiyar PON mama – mama Papua mala ditelantarkan diluar jalan Kantor Gubernur Papua,” katanya prihatin.

Sementara itu, Warer juga meminta pemerintah daerah dan Pemprov harus saling koordinasi untuk membuka galeri pusat pembelanjaan dari masyarakat sekitar.

“Di kota ini tidak hanya masyarakat asli Port Numbay dan Sentani tapi ada juga masyarakat Papua lain dengan krerifan lokal mereka, maka ini harus diaatukan oleh pemkab, Pemkot dan Provinsi menyiapkan Galeri Budayah Papua agar di beli perserta Pon dari seluruh nusantara,” paparnya.

Ia juga menyarankan selain hadia pialah dan piagam ketika diserahkan harus diberikan dengan noken atau kalung lokal dari Papua.

“Misalnya kalung manik – manik,  kalung Wamena, dan kalung lainya sehingga misalnya 400 pemenang maka PB PON harus memesan sesuai jumlah itu agar PON Papua benar – benar memberikan kesan berbeda dan bisa mengakat budayah Papua,” ujarnya.

Solpap bersama pedang asli Papua  juga akan tetap mendukung PON XX Tahun 2021 tetap pemerintah PB PON jangan lupa pedangan asli Papua dalam berbagai pagelaran PON dan Peparnas  di Papua,

Sementara itu, PB PON berencana menyiapakan 25 rubuh Noken pada saat pelaksaan PON mendatang agar menjadi cinderamat dan oleh – oleuh bagi setiap tamu PON nantinya, (aw).

Loading

About Author