DETIK PAPUA

Berita Papua Terkini

Peringati 1 Juli, TPNPB-OPM Meepago Upacara Mengibarkan Bendera Bintang Kejora dan Menyikapi Pernyataan

 

 

PANIAI, DETIKPAPUA.com _ Peringati 1 Juli, Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat – Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) Wilayah Meepago Upacara Mengibarkan Bendera Bintang Kejora pada tanggal 1 Juli 2021 dipimpin oleh, Damianus M. Yogi di Deyatei, Totiyo Paniai, Papua. Dalam rangka memperingati hari bersejarah bagi rakyat bangsa West Papua, dimana 1 Juli 1971 Di deklarasikan di Jayapura itu.

“Berkibar Bintang Kejora wilayah kekuasaan Paniai, Deiyai, Dogiyai, Nabire, Intan Jaya melakukan Pengibaran Bintang Kejoro dilakukan dalam upacara bendera dipimpin oleh Damianus Magai Yogi yang ke 50 dalam rangka memperingati hari bersejarah bagi Rakyat bangsa West Papua,”jelasnya.

Kegiatan ini dilaksanakan Markas Pusat Wilayah Meepago di Deyatei, Totiyo, Paniai, Papua, Kamis (1/7/2021). Hal ini dimulai sejak pukul 08:45 – 11:10 Waktu Papua. Yang dihadiri dalam kegiatann itu ratusan pasukan TPN-PB OPM yang tergabung dalam lapangan upacara itu.

Amanat: Akan dibacakan oleh Pimpinan TPN-PB OPM Devisi II Pemkab IV Meepago, terdiri dari: Kabupaten Paniai, Deiyai, Dogiyai, Nabire dan Intan Jaya kepada Damianus M Yogi.

 

Proklamasi Kemerdekaan 1 Juli 1971, Set Rumkorem Presiden Repuplik West Papua Dan Jacob H. Prai yang adalah Ketua Senat Parlemen Sementara Papua Barat. Dengan Unit Militer Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka TPN-PB OPM, jumlah Umum 9 Komando Daerah pertahanan KODAP atau Markas Komando Daerah Militer (MAKODAM) seluruh Papua Barat.

“Bangsa Papua Barat memiliki hak untuk merdeka. Tujuan utama TPN-PB OPM adalah membebaskan rakyat Papua Barat dari Kolonialisme, Diskriminasi, Eksploitasi Indonesia,”jelasnya.

Perjuangan TPNPB-OPM Papua Barat yang terus-menerus korban dan bertahan di hutan, sejak 1965 hingga berlanjut perlawanan Kolonial NKRI sampai pada Proklamasikan 1971, sayap militer yang berdansa di dalam Negeri TPN-PB OPM untuk mencapai Kemerdekaan. Dan membentuk Negara Independen Papua Barat yang Demokratis, Adil, Damai dan Sejahtera.
“TPNPB memiliki tugas pokok sebagai Pembebasan Umat bangsa Papua dan Pagar Negara, Menggerakan dan Pengawal Perjuangan Kemerdekaan Nasional dan menegakkan Kedaulatan Negara, mempertahankan Kebutuhan Wilayah Negara dan menyelamatkan segenap tumpah darah Papua Barat dari ancaman penjajah,”jelasnya.

TPNPB Mengkomandokan perlawanan dan mengangkat senjata untuk mengusir penjajah dengan berbagai cara sampai dengan saat ini, dan akan berjuang terus sampai dengan terwujudnya kemerdekaan penuh.

Berikut Sikap Pernyataannya:

Kami Atas Nama Bangsa Papua Pelindung Rakyat Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat TPN-PB OPM Devisi II Makodam Pemka IV Paniai, meyampaikan kepada Pemerintah Negara Republik Indonesia :

  1. TPN-PB OPM Bukan teroris, TPN-PB pertahaankan berdasarkan kebenaran sejarah.
  2. TPN-PB OPM Devisi II Makodam Pemkab IV Paniai harapkan segera Cabut Pernyataan Negara terhadap bangsa Papua sabab ini tidak Benar.
  3. Kami menegeskan kepada NKRI bahwa segerah mempelajari asal-usul sejarah Papua Barat.

Dalam pernyataan sikap TPN-PB OPM Devisi II Makodam Pemkab IV Paniai juga menyatakan pihaknya akan terus berjuang hingga menunjukan hasil sampai Papua lepas dari kolonial Indonesia (Merdeka).

Pewarta : Yustus Muyapa/KM
Editor : Hagimuni Dann

Loading

About Author