DETIK PAPUA

Berita Papua Terkini

Umat Persekutuan Tubuh Kristus Gelar Ibadah Kebanguan Rohani di Timika

Timika, pada tanggal 22-25 Mei 2021 Ibadah kebangunan Rohani (IKR), Umat Persekutuan Doa Tubuh Kristus, MEEPAGO di Timika telah lakukan yang cukup unggah beberapa kutipan yang cukup terkenal di kalangan umat Persekutuan Doa Tubuh Kristus, MEEPAGO yang berbunyi demikian: “Allah tidak memanggil orang yang memenuhi syarat, melainkan Ia memperlengkapi orang yang dipanggil” (God doesnot called the qualified, He qualifies the called). Fakta ini nyata ketika Yesus Kristus memanggil umat Persekutuan Doa Tubuh Kristus, MEEPAGO yang pertama, di daerah Kabupaten mimika.

Kesempatan tersebut disampaikan oleh hamba Tuhan Niko Auwe dengan diibaratkan seorang yang bernama Lewi? Ia adalah seorang pemungut cukai (Markus 13-14). Dalam konteks masa itu, pemungkut cukai dianggap setara dengan orang-orang yang kotor dan berdosa oleh masyarakat Yahudi. Pemungut cukai juga dianggap sebagai pengkhianat bangsa karena mereka keturunan Yahudi tetapi bekerja dan menjadi antek pemerintah Romawi untuk mengumpulkan pajak dari orang- orang Yahudi. Oleh karena itu, tidak heran jika para pemungut cukai dibenci dan dikucilkan oleh masyarakat sekitar dan orang Gereja Kristen perdana Yahudi pada waktu itu. Imbuhnya.

lanjut Auwe, Apa Yesus Kristus tidak salah memanggil umat Persekutuan Doa Tubuh Kristus MEEPAGO seperti ini? Tidak. Yesus Kristus pasti tahu siapa mereka (Markus 2:14). Namun hal itu serupa membuat Yesus berpikir ulang untuk memanggil umat Persekutuan Doa Tubuh Kristus. Ia tetap berkata, “Ikutlah Aku!” bukan karena denominasi gerejanya bahkan juga karena orang- orang Kristen namun mereka menyindir sikap Yesus Kristus yang mau ikut perayaan bersama dengan umat Persekutuan Doa Tubuh Kristus dan para orang berdosa lainnya, Yesus Kristus menegaskan bahwa kedatangan-Nya justru untuk mencari orang berdosa (Markus 2:15-17). ungkapnya.

” Sambung Niko, Tuhan mau memilih dan memulihkan kehidupan umat manusia yang berdosa setelah bertobat (Matius 21:31), Memang sebelumnya mereka adalah orang berdosa yang dipandang hina dan dijauhi oleh orang sebangsa dan se-gerejanya. Setelah percaya Yesus Kristus, mereka dipakai Tuhan luar biasa dan menjadi pemilik Karunia dan Jawatan yang penuh signifikannya. Persekutuan doa tubuh Kristus, mungkin punya masa lalu buruk yang membuat kita merasa tidak layak untuk mengikut Tuhan. Tetapi firman Tuhan hari ini mengingatkan, seburuk apapun masa lalu kita, sehingga apapun orang memandang kita, ketika Tuhan memanggil kita menjadi pengikut-Nya, percayalah bahwa Ia menerima dan memulihkan kita melalui kuasa Rohkudus,” Tutupnya.

( Martinus Komoupai Dumupa )

Loading

About Author