DETIK PAPUA

Berita Papua Terkini

Tuntut Biaya Kuliah Diturungkan, Mahasiswa Uswim Gelar Aksi Demo Direktorat

Nabire,DetikPapua.com-Mahasiswa/i Universitas Wiyata Mandala (Uswim) Nabire kembali menggelar aksi demo damai, Senin (3/05) di depan kantor Rektorat Uswim untuk menuntut biaya kuliahnya harus diturungkan.

Ratusan mahasiswa/i dari beberapa fakultas berkumpul di halaman Rektoran Uswim Nabire untuk menyampaikan keluhan mereka kepada rektor Uswin lantaran selama pihaknya menjadi mahasiswa di kampus tersebut sudah sedang mengalami pelbagai kesulitan yang menjadi beban tanggungan kebutuhan bagi mahasiswa/i di kampus tersebut.

Salah satu mahasiswa yang tidak disebutkan namanya dalam orasinya mengatakan, pihaknya membayar uang semester sebesar 3.850 000,00 (tiga juta delapan ratus lima puluh ribu rupiah) persemeseter.

“Setiap semester kami bayar uang Rp 3.850 000,00 tetapi para dosen kampus Uswim tidak pernah mengajarkan kepada kami di kampus. Para dosen pun pemalas masuk di kampus,”ujarnya.

Untuk itu, pihak mahasiswa meminta rektor Uswim untuk menurungkan biayah kuliah sampai dua juta rupiah. Dan berharap harus mengaktifkan kembali organisasi kemahasiswaan seperti Presma dan BEM di kampus Uswim.

“Kalau kita bandingkan dengan kampus lain, uang semester kampus Uswim sangat mahal. Sehingga, kami minta harus diturungkan sampai dua juta saja,”mintanya.

Pihaknya menegaskan bahwa, jika rektor Uswim tidak merespon terkait permintaan diturungkannya uang semester sampai dua juta, maka pihaknya berkomitmen akan menggelar aksi demo jilid II untuk menuntut biayah kuliah harus turungkan.

“Kegiatan perkuliahan harus dilaksanakan secara rutin di kampus Uswin mulai Minggu depan. Biaya semester harus diturungkan sampai dua juta rupiah pula organisasi kemahasiswaan harus diaktifkan kembali,”harap mereka menyeluhkan.

Selain itu pihaknya menilai, biaya kuliahnya semester semahal itu, namum perkembangan dan kualitas kampus hingga kini masih belum terawat pula fasilitas kampus seperti jaringan Wifi dan lap komputer pun belum tersedia lengkap, bahkan belum ada.

Untuk menganggapi hal tersebut, Rektor Uswim Nabire Drs. Petrus I. Suripati, M.Si mengatakan, pihaknya tidak akan menurungkan biayah kuliah sesuai permintaan para mahasiswa karena sesuai standar namun mahasiswa membayar secara cicilan.

“Soal permintaan Presma dan BEM oleh mahasiswa kami akan upayakan segera. Tetapi permintaan untuk uang semester 2 juta, kami tidak akan merespon hal itu karena sesuai standar yang ada,”kata Suripati menaggapi aspirasi mahasiswa, Senin siang.

Kata Suripati, seutuhnya tidak akan menurungkan sesuai permintaan mahasiswa terkait uang semester tetapi mahasiswa diwajibkan pembayaran secara cicilan atau bertahap.

“Pembayaran cicilan kami sudah terapkan. Karena kami juga tahu kondisi penghasilan ekonomi para orang tua mahasiswa,”katanya.(Redaksi/*).

 

 

 

 

 

Loading

About Author