DETIK PAPUA

Berita Papua Terkini

Peringatan Hari Kartini Ke-142 Tahun 2021 Tingkat Kota Jayapura

Jayapura, DetikPapua.com– Bertempat di Aula Sian Sor Kantor Walikota Jayapura, Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol. Gustav R. Urbinas, SH., S.IK., M.Pd menghadiri acara resepsi peringatan hari Kartini Ke-142 tahun 2021 tingkat Kota Jayapura. Rabu (21/4) sore.

Turut hadir Walikota Jayapura Dr. Drs. Benhur Tomi Mano, MM, Wakil Walikota Ir. H. Rustan Saru, MM, Para OPD Pemerintah Kota Jayapura, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Jayapura Ny. Cristina R. I. Luluporo Mano, S.IP., M.KP, Ketua Bhayangkari Cabang Jayapura Kota Ny. Yuhanna Gustav R. Urbinas, Ketua GOW Kota Jayapura Ny. Rasmawati Rustan Saru, Wakil Ketua Bhayangkari Cabang Jayapura Kota Ny. Marsini Supraptono dan Perwakilan Pengurus Organisasi Wanita Tingkat Kota Jayapura.

Dalam kesempatan tersebut Walikota Jayapura Benhur Tomi Mano, MM mengatakan bahwa pada masa R.A Kartini, perempuan dianggap sebagai kaum lemah oleh laki-laki, tidak boleh sekolah dan sering tertindas serta tidak bisa mendapatkan hak-haknya.

“Sehingga R.A Kartini tergerak hatinya untuk melepaskan wanita kaum dengan belajar dan berjuang untuk lebih maju agar memperoleh kesamaan hak dan kewajiban dengan kaum laki-laki, ” ujarnya.

“Dalam peringatan hari Kartini ke 142 tahun 2021 ini perempuan sudah dapat berdiri sama tegak dan bisa memperoleh hak dan kewajiban yang sama dengan laki-laki dalam segala bidang, ” terang Walikota.

Lanjut orang nomor satu di Kota Jayapura, emansipasi wanita bukan berarti menuntut perempuan untuk meninggalkan tugas sebagai wanita dalam mengurus rumah tangga dan menjadi pelopor bagi anak-anak serta kaum perempuan lainnya.

“Dalam masa pendemi seperti sekarang ini, maka perempuan harus mampu menjadi pelopor bagi semua kalangan untuk selalu taat menerapkan protokol kesehatan yakni selalu mengenakan masker, rajin cuci tangan, menjaga jarak dan juga menjadi pelopori vaksin, ” jelasnya.

Ia pun menambahkan, melalui peringatan RA Kartini ini diharapkan perempuan mampu menjadi mitra pemerintah dalam membangun persatuan dan kesatuan, toleransi antar umat beragama, dan membantu antar sesama sebagai bentuk melanjutkan perjuangan R.A. Kartini di masa kini dan mendatang.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua Gabungan Organisasi Wanita Kota Jayapura serta diserahkan potongan tumpeng kepada Walikota Jayapura, Kapolresta Jayapura Kota, Wakil Walikota Jayapura, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Jayapura dan Ketua Bhayangkari Cabang Jayapura Kota. (Redaksi*).

Loading

About Author