DETIK PAPUA

Berita Papua Terkini

Marthinus Mabel Resmi di Lantik Jadi Ketua Presidium PMKRI Cabang Jayapura

Jayapura,DetikPapua.com–Marthinus Mabel secara resmi dilantik menjadi Ketua Presidium DPC PMKRI Cabang Jayapura St.Efrem masa periode 2021-2021, Selasa, (13/4) di Jayapura, Papua.

“Pelbagai kegiatan sudah dilakukan menuju puncak Kongres dan salah satu kegiatan yang sudah dilakukan adalah berdiskusi soal kondisi Papua saat ini.

Hal demikian dikatakan Ketua Panitia Frans Payage kepada detikpapua.com di Jayapura, Selasa, (13/4/2021).

Menurut Payage, tahap awal menuju pemilihan kepengurus baru, pihaknya sudah menjalani beberap proses antara lain mengadakan seminar umum yang telah melibatkan beberapa nara sumber yang hendak membawakan materi seputar persoalan sosial yang tengah terjadi di tanah Papua.

“Kami pernah mengadakan seminar dan juga buka pendaftaran para bakal calon, tahap verifikasi calon, kemudian berhasil ditetapkan empat calon tunggal. Debat kandidat dilaksanakan di Aula Uncen saat itu. Namun pada tahap pemilihan sempat terjadi bentrok tetapi kami anggap itu bagian dari dinimika yang bisa dapat diatasi dengan baik,”ujar Frans.

Ia mengakui dalam pelantikan tersebut dihadiri Pembina DPC PMKRI, Keuskupan Jayapura yang diwakili Pastor Yohanes Kayame.Pr, Cipayung HMI kota Jayapura, GMKI Cabang Jayapura, Komda Provinsi Papua dan ikatan mahasiswa lain ditingkat kabupaten serta para tamu undangan lainnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Ketua Presidium Demisioner Wakol Yelipele mengajak, bersatu memperjuangkan hidup kemanusiaan seperti Tuhan Yesus telah memperjuangkan bagi kaum yang tertindas.

” Papua hari ini bayak persolan yang harus diselesaikan oleh generasi mudah. Sehingga, PMKRI berdiri secara adil untuk menjawab terutama soal Kemanusian, keadilan di Bumi Cenderawasih,”kata Wakol kepada media ini.

Tetapi kata dia lagi, DPC PMKRI sendiri tidak dapat dilakukan sendiri sehingga harus bersinergi bersama Cipayung yang berlatarbelakan Agama agar kelak bisa megedepakan nilai kemanusiaan.

Karena organisasi makro maupun mikro tidak berjalan lancar jika hanya dieksekusi oleh seorang pemimpin, Presidium baru Marthinus Mabel, meminta harus ada kerjasama seluruh anggota PMKRI cabang Jayapura dalam melaksanakan tugasnya.

“Kita bersama-sama bersinergi bahu membahu membawa PMKRI ini untuk selamatkan manusia Papua dan cetak kader kader baru untuk tanah Papua ini kedepan,”ujar pria kelahiran Kurulu itu

Reporter :Akia Wenda

Loading

About Author